In eau de parfum parfum perfume

Best Perfumes under IDR 100.000

Fragrance Collection
Source: Pinterest

When it comes to perfume, aku percaya sama prinsip ada harga ada kualitas.

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia per-produksi-an, aku percaya banget kalau banyak brand besar menghabiskan banyak waktu untuk melakukan riset dan melalui banyak trials and errors untuk mendapatkan sebuah formula yang sempurna dalam menciptakan sebotol parfum. They are more than just selling the names. Then again, aku nggak bilang brand kecil tidak melakukan riset dan lainnya, tapi ada alasan sebuah brand bisa menjadi besar dan mahal harganya.

Sayangnya, nggak semua orang mampu untuk membeli parfum yang terkenal. I have been there. Aku pernah ada di fase dimana aku masuk toko parfum just to enjoy the testers, tapi nggak mampu beli. LOL.

Beberapa orang terkendala budget, bahkan tidak sedikit yang sebenarnya mampu membeli parfum mahal tapi tidak merasa punya urgensi untuk menghabiskan ratusan ribu atau jutaan Rupiah untuk membeli sebotol parfum. Preferensi. Tidak sedikit DM yang masuk minta aku untuk kasih rekomendasi parfum dengan kualitas oke, tapi dengan budget yang minim. Setelah bertahun tahun mencoba puluhan, maybe ratusan brand, I can finally release my version of the best perfumes di bawah Rp100.000

Disclaimer: I didn't get paid advertising these, aku bahkan nggak pasang AdSense di blog ini :)) So, yes, this will be brutally honest.

Disclaimer 2.0: Wewangian sifatnya subjektif, meski aku kasih guidance se-general mungkin tapi akan ada yang bias karena hidungku condong ke satu jenis wangi tertentu.

Picture: Pinterest



Best perfume under Rp100.000



Photo Courtesy of Wardah Official
1. Wardah ScentSation Eau de Toilette  - Joyful (Rp50.000an per 35mL)

Ini wanginya enak, banget! Wangi manis yang ngga pasaran. You know kalo beli parfum di bawah 100 ribu biasanya mereka adalah kumpulan parfum dupe alias tiruan, ya? Nah, correct me if I'm wrong tapi aku belum pernah nyium wangi yang plek ketiplek mirip sama Joyful-nya Wardah ini. Super delicious, tapi seger. Cocok kalau kamu suka wangi manis tapi mau pake wangi manis di cuaca panas. Dia juga punya range wangi lain yang bisa kamu cobain, but for me Joyful ini paling enak. Ada di supermarket juga, lho. Ketahanannya suprisingly oke, 2 jam-an lah dia kecium lumayan kenceng.



Photo Courtesy of Unilever Indonesia


2. Zwitsal Baby Eau de Toilette (Rp40.000an per 100mL)

Pecinta wangi bayi abis mandi, kumpul disini! Dari nama dan kalimat pembuka juga udah ketauan, ya? Wanginya super powdery, seger dan wangi bayi banget. No explanation needed. Kalo dulu ada body cologne yang semenit wanginya ilang, sekarang ada wangi yang lebih tahan lama-nya. Eau de Toilette cukup lah, ya, untuk ketahanan 1-2 jam. Pas banget buat anak sekolah-kuliahan, bahkan bisa bisa aja dipake ke kantor. Wanginya ngga menusuk, very subtle, which is good for comfort. Yang ini juga masih sama, gampang banget ditemuin di supermarket. Murah pula.



Photo Courtesy of FreshChubs

3. FreshChubs Salted Caramel Popcorn Body Mist (Rp40.000 per 100mL)

Ini wangi bioskop. Titik. Kamu pernah masuk bioskop, kan? Tau wangi khas popcorn yang buttery-caramely-manis dan menggoda pengen masuk dan duduk? Nah itu dijadiin parfum sama fresh chubs. Gila enak baaaanget. Aku sih personally kurang suka kalo dipake langsung ke badan, aku lebih suka disemprot ke gorden, baju, bantal bahkan handuk terus ditunggu beberapa menit. Sekamar-kamar langsung wangi bioskop, jujur. FreshChubs punya banyak varian, yang paling viral kayanya si popcorn ini. Ada juga yang wangi Roti-o, tahu kan ya? Aku lupa varian wangi mana, tapi koleksinya FreshChubs ini kayanya enak-enak, walau aku belum coba semua juga, sih. Ini bisa banget, nih, kamu jadiin opsi kalau bosen sama parfum supermarket. Minusnya ya... Kurang tahan lama, wanginya semerbak di awal abis itu udah numpang lewat. Tapi kalo di bantal kecium banget somehow, apa karena idung aku nempel sama sumber wanginya ya?




Photo Courtesy of Myra Parfums

4. Myra Parfum (Rp89.000 per 30mL)

Hmm, buat yang kali ini aku kasih setoko-tokonya deh. Biar kamu yang pilih mau beli apa. Harganya mereka pukul rata, semua Rp89.000 untuk 30mL. Ini mereka jual parfum inspired, artinya ya parfumnya niru parfum mahal. Ada Scandal yang terinspirasi Jean Paul Gaultier, ada Libre, ada macem macem. Untuk kemiripan I'd say sekitar 75% mirip lah. Aku pernah bandingkan yang Libre dengan yang aslinya, ya beda dikit. Yang asli memang lebih well-blended (ada harga ada barang, ingat)
Cuma kalo emang kamu bener bener gak ada uang, atau ngga merasa butuh beli yang mahal ya beli aja. Dibanding parfum sejenis yang sama sama inspired, Myra ini yang aku rasa paling oke. Wanginya ngga nyengat banget alkohol, ngga stain di baju, dan tahan lama juga. Oke kok soalnya buat sehari hari aku pake juga.

Kalo minta saran yang wangi yang mana, I'd say:
1. Wood & Sea, ini unisex banget, wanginya woody-aquatic seger banget titik no debat no kecot. Aku kayanya udah abis 3 botol :)))
2. Libre, kalo kamu pecinta YSL Libre dan sayang pake YSL buat sehari hari, pake ini aja. Sekilas orang ngga notice bedanya. Ketahanan juga ampir sama, bedanya ya buat yang punya YSL asli bakal ngeh kalo ini yang tiruannya. But who cares?
3. Scandal, best seller for a reason. Wanginya manis honey-sugar with a hint of orange. Dari semua parfumnya si scandal ini paling kompleks. Ada transisi dari seger jeruk ke manis madu, kalo yang lain jujurly dari awal disemprot ke dry down ya gitu mirip mirip aja gaada yang berubah.


Oh well, I think that's pretty much it. Empat brand parfum di bawah Rp100.000 yang menurutku paling enak dan worth it. Yang lain mungkin punya rekomendasi parfum tambahan?

Next up, Parfum enak di bawah Rp500.000. Stay tuned.

ciao!

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman